Pesawat Hypersonic - Impian Boeing | Techy Indo

www.moneycontrol.com
Halo sobat techies! Apakah sobat techies sekalian ada yang sudah pernah naik pesawat terbang? Pastinya pernah dong, aplagi kalau mau berpergian jauh kayak antar negara. Kalau kita naik pesawat, tentu tujuannya untuk menghemat waktu perjalanan, betul tidak? Tetapi, tetap saja kalau yang namanya transportasi, tentu tujuan utamanya untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan, right?

Inilah yang coba dilakukan oleh perusahaan besar yang bergerak dalam dunia penerbangan yaitu Boeing. Kalau selama ini kalian pernah melihat pesawat super cepat di film-film sci-fi, pasti pernah kebayang bagaimana kalau kita yang ada di dalam pesawat. Itulah yang sedang dikerjakan oleh Boeing. Walau tidak secepat yang di film, tetapi perkembangan ini membuat 1 langkah untuk mewujudkan pesawat sci-fi menjadi kenyataan loh!
www.youtube.com
Inilah konsep yang ingin dikeluarkan Boeing tentang "Pesawat Hypersonic"-nya. Terlihat body-nya yang lengkung dan tipis, serta ujung yang runcing.

Pesawat Hypersonic yang dikembangkan Boeing ini dikabarkan kecepatannya mencapai Mach 5 loh! atau sekitar 6174 km/jam. Dengan kecepatan segitu, kita bisa melintasi Samudera Pasifik hanya dalam waktu 3 jam! Kecepatan ini melebihi kecepatan Pesawat Jet Supersonic komersial milik Concorde yang berkecepatan Mach 2 atau 2470 km/jam. Sebagai acuan, Mach itu adalah satuan kecepatan suara. Jadi, kalau Mach 2 berarti 2 kali kecepatan suara.

Pesawat Hypersonic Boeing (www.popularmechanics.com)
Pesawat Supersonic Concorde (www.theverge.com)
Kalau nantinya apakah untuk penggunaan militer atau komersil, belum dapat dipastikan oleh pihak Boeing. Boeing juga menyatakan akan mengutamakan kepentikan Nasional. Pesawat ini dikabarkan akan selesai dalam jangka waktu 20 - 30 tahun, lama ya?

Tetapi, sejak pesawat supersonic dilarang terbang, perkembangan pesawat super cepat menjasi samar- samar. Larangan ini dikeluarkan akibat suara ribut yang ditimbulkan oleh efek Sonic Boom. Untungnya NASA kini sedang mencari solusinya dengan cara mengembangkan pesawat experimental baru yang diberi nama X-59 QueSST untuk menguji teknologi yang diperlukan untuk meredam suara dari efek Sonic Boom.
NASA X-59 QueSST (www.healththoroughfare.com)
Jadi, apakah sobat techies juga antusias mengikuti perkembangan teknologi ini? Dengan adanya transportasi seperti ini, sepertinya nanti dunia akan terasa semakin kecil, ya? Hahaha, kita tunggu saja kehadirannya!

0 Response to "Pesawat Hypersonic - Impian Boeing | Techy Indo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel