Stratolaunch Bersama Armada Yang Akan Diluncurkan | Techy Indo

Stratolaunch Merencanakan Peluncuran Roket Dari Pesawat Terbesar

Bagaimana kabar sobat techies? Sobat techies pasti tahu kan roket yang diluncurkan ke luar angkasa itu semuanya melalui launchpas station-nya. Untuk mengirim satelit, maupun hal-hal lainnya ke luar angkasa tentu menggunakan roket.

Pesawat Induk Stratolaunch, img source : https://www.space.com/
Lain halnya dengan stasiun yang berada di bumi, Paul Allen yang merupakan seorang Co-Founder Microsoft mempunyai pandangan untuk meluncurkan roket dari udara. Hal ini dia wujudkan dalam perusahaan-nya yang bernama Stratolaunch.

Baca juga : Pesawat Hypersonic Milik Boeing

Stratolaunch membuat sebuah pesawat induk raksasa yang dapat mengangkut hingga 3 roket yang akan diluncurkan. Pesawat induk tersebut sangat unik. Dengan lebar sayap yang mencapai 117m, tentunya ini menjadi pesawat terbesar di dunia.

Pesawat induk milik Stratolaunch ini sangat unik, karena terlihat seperti dua tubuh pesawat yang disambungkan melalui sayap yang panjang. Pesawat induk ini juga akan mengangkut sebuah pesawat luar angkasa yang berfungsi sebagai pesawat kargo, dan mungkin akan sebagai pesawat penumpang.

Pesawat luar angkasa yang berfungsi sebagai kargo ini juga tenyata re-useable, sehingga akan menghemat biaya yang banyak. Roket yang diluncurkan juga sudah ditentukan oleh Stratolaunch, roket tersebut berjumlah 3. Jadi, total keseluruhan armada pesawat induk tersebut adalah 4 bersama pesawat kargonya.

Armada Stratolauch : Pegasus, MLV, MLV - Heavy, Space Plane( kiri ke kanan ) , img source : https://www.space.com/
Berikut ini adalah armada dari pesawat induk milik Stratolaunch:

Pegasus : Roket ini dibangun oleh perusahaan penerbanan Northrop Grumman, yang sudah menyelesaikan lusinan misi pernerbangan. Pegasus yang merupakan roket kecil ini hanya dapat mengangkut berat 370 kilogram. Roket ini akan melakukan peluncuran perdananya dengan pesawat induk Stratolaunch di tahun 2020.

Medium Launch Vehicle (MLV) : Roket baru ini merupakan roket kelas menengah yang sudah dioptimasi dengan integrasi satelit jangka pendek. Roket ini memiliki kapasitas muatan 3.400 kilogram. Perwakilan Stratolaunch mengatakan peluncuran pertamanya akan dilaksanakan tahun 2022.

Medium Launch Vehicle - Heavy : Roket ini bentuknya mirip dengan dengan MLV hanya saja diperkuat dengan tambahan 2 booster pada bagian kiri dan kanan. Roket ini masih dalam tahap pengembangan, dan diperkirakan akan memiliki kapasitas angkut sebesar 6.000 kilogram.

Space Plane : Pesawat luar angkasa ini memiliki nilai plus re-useable. Pesawat ini dapat mengangkut muatan ke atas, dan membawanya kembali ke bumi. Kegunaan pesawat luar angkasa ini mirip dengan apa yang dilakukan X-37B Space Plane. Pihak Stratolaunch mengatakan pesawat ini awalnya akan berfungsi secara otomatis(robotic), namun mereka juka mengatakan akan membuat varian yang akan dioperasikan oleh awak pesawat. pesawat ini dapat mengangkut beban kelas menengah. Masih dibutukan beberapa tahun sebelum pesawat ini dapat meluncur, untuk saat ini pesawat ini masih dalam fase design-study.


Sangat hebat bukan? Tetapi, Stratolaunch bukan merupakan salah satunya perusahaan yang merencanakan peluncuran roket di udara. Virgin Orbit milik Sir Richard Branson juga merencanakan hal serupa, perusahaannya Virgin Galactic juga sudah siap tes terbang untuk mengangkut muatan dan orang ke dalam sub-orbital.

Jadi, bagaimana dengan pendapat sobat techies? Sangat menarik bukan? Dari desain sampai kegunaan yang diberikan. Ini akan mempermudah pengiriman satelit tentunya.


0 Response to "Stratolaunch Bersama Armada Yang Akan Diluncurkan | Techy Indo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel